[6:43 PM, 12/1/2016] Yumna: Pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 26-27 November diselenggarakan Workshop Penyusunan Program Kerja organisasi dan kemahasiswaan 2017 di Unpad Training Center, Dago, Bandung. Melalui kegiatan ini diharapkan organisasi-organisasi mahasiswa yang ada di FISIP Unpad dapat menyusun perencanaan program kerja dengan baik dan sesuai dengan sistem yang berlaku di unpad untuk kegiatan-kegiatan di tahun 2017. Kegiatan ini diinisiasi oleh Manajer Kemahasiswaan dan Hubungan Alubmni FISIP Unpad bapak Dr. Rd. Achmad Buchari beserta jajarannya.
Manajer Kemahasiswaan Dan Hubungan Alumni FISIP Unpad Dr. Rd. Achmad Buchari mengatakan bahwa “Workshop ini bertujuan untuk memetakan program, tujuan, maksud kegiatan dan besar anggaran yang direncanakan oleh organisasi kemahasiswaan yang ada di FISIP Unpad. Hal ini dimaksudkan agar pihak kemahasiswaan dapat mengetahui mana kegiatan yang menjadi prioritas dan berapa dana yang dibutuhkan untuk pemberian dana bantuan kemahasiswaan di setiap kegiatan”.
Untuk organisasi kemahasiswaan seperti BEM, KKM dan juga LK disarankan untuk memfokuskan kegiatannya pada90% kegiatanminat dan bakat dan10% kegiatan yang bersifat penalaran. Kemudian untukHimpunan Mahasiswa 90% kegiatan berada di bidang penalaran dan 10% kegiatan masuk dalam bidang minat dan bakat. HIMA harusmengintregasikan kegiatannya dengan IKK Program Studi karena HIMA adalah ormawa yang lekat kaitannya dengan Program Studi, sehingga hal tersebut menuntut kesinergian antara keduanya.Mengapa kegiatan himpunan mahasiswa di anjurkan untuk 90% penalaran, hal tersebut dilakukan karena Himpunan Mahasiswa merupakan ormawa yang erat kaitannya denganProgram Studi dan bidang akademik sehingga apapun yang dilakukan harus sesuai dengan keilmuan yang ada. Sementara BEM diharapkan untuk menfokuskan kegiatannya pada bidang minta dan bakat sehingga penyaluran minat dan bakat mahasiswa FISIP dapat terwadahi dalam dalam jenis kegiatan seperti pretasi, seni, organisasi, maupun olahraga.
Manajer Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni bapak Dr. Rd. Achmad Buchariberharap kegiatan workshop inidapat membuat organisasi kemahasiswaan yang ada di FISIPsaling berbagi dan saling belajar satu sama lain dan jika memang ada kegiatan yang serupa bisa disatukan sehingga FISIP Kahiji dapat terwujudkan, dan terdapat harmonisasi antar 8 program studi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran.
Bapak R Achmad Buchari juga berpesan bahwa seluruh LK ataupun ormawa harus menghargai sistem yang ada, selain itu jika memang dalam kepengurusan sebelumnya terdapat program kerja yang dipandang bisa dilanjutkan tolong dilanjutkan, karena fenomena yang ada setiap berganti kepengurusan berganti pula program kerja yang dilaksanakan. Hal tersebut akan menghilangkan ciri khas yang dimiliki apalagi jika ada event berskala regional, nasional, dan internasional mahasiswa harus menjadikannya prioritas dan andalan bagi LK maupun Ormawa dan harus dikomunikasiakan kepada pihak kemahasiswaan, karena jika tidak dikomunikasikan pihak kelembagaan di Fakultas ataupun di Universitas tidak akan mengetahui mana yang jadi prioritas dari sebuah kegiatan Organisasi Kemahasiswaan. (Reporter: Yumna K.S./HeryW/Imam/Humas FISIP)

dsc_5349dsc_5350dsc_5327dsc_5329dsc_5330dsc_5335dsc_5336dsc_5337dsc_5338dsc_5340dsc_5341dsc_5342dsc_5343dsc_5344dsc_5345dsc_5346dsc_5347dsc_5348

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *