Kelas Public Speaking pada Mata Kuliah KBLI
Universitas Padjadjaran, melalui program TKB dan HITS, mencoba mendorong upaya pengembangan diri mahasiswa sedini mungkin. Melalui program ini, mahasiswa pada semester satu, disiapkan sebaik mungkin untuk dapat menghadapi tantangan pembelajaran di semester selanjutnya. Beberapa mata kuliah, secara seragam dan serentak, dilakukan di 16 Fakultas yang ada di Universitas Padjadjaran demi menyiapkan mahasiswa untuk total berprestasi di semester selanjutnya.
Sebagai salah satu upaya mendukung pencapaian cita-cita dimuka, maka pada salah satu jam pelajaran di Mata Kuliah Kemampuan Belajar dan Literasi Informasi, di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran, dihadirkan Ibu Neng Tresnawati, S.Pd, M.Si, pustawakan Fisip UNPAD yang juga seorang MC/Story Teller. Pada sesi ini, mahasiswa diberikan materi Public Speaking, mulai dari tahap persiapan, relaksasi, penampilan dan lain-lain.
Pemateri dari Kelas Publik Speaking Ibu Neng Tresnawaty, S.Pd., M.Si., berpendapat:
“Menurut saya Public Speaking Class ini penting untuk mahasiswa, apalagi mahasiswa baru. Kita bisa membekali mereka bagaimana cara berbicara, cara mempresentasikan materi yang akan disampaikan karena bagaimanapun ini adalah bekal mereka untuk ikut mengikuti baik itu lomba, ataupun dipakai nanti pada saat mereka bekerja. Ketika mereka mempunyai public speaking yang bagus akhirnya mereka bisa mendapatkan sesuatu atau manfaat diantaranya adalah ketika mereka bekerja, mereka dapat lebih dipercaya, mereka akan lebih cepat masuk ke dunia kerja dan ketika mengikuti lomba-lombapun mereka akan lebih percaya diri sehingga mereka akan lebih bagus daripada yang lainnya.”
Ibu Neng Tresnawaty berpesan: “mudah-mudahan bagi mahasiswa FISIP bisa mengembangkan diri bagi yang masih malu-malu atau grogi, hayu jangan malu-malu atau grogi lagi bahwa kalian bisa, jangan pernah mengatakan tidak karena setiap orang mampu dan bisa hanya tinggal bagaimana ada kemauan dari diri kita sendiri”
Senada dengan apa yang dikatakan salah satu mahasiswa yang mengikut Public Speaking Class ini, Meta Noya mahasiswa dari Program Studi Kesejahteraan Sosial mengatakan: “Materi Kuliah ini harus terus diberikan sebagai pembekalan bagi mahasiswa, kesan yang saya dapatkan adalah motivasi baru dalam diri untuk terus menumbuhkan rasa percaya diri dan melatih kemampuab berbicara di depan umum agar lebih sempurna”
Sementara itu Awanlindi Novidzatul mahasiswa dari Program Studi Administrasi Publik mengatakan: “Woskshop ini harus sering dilakukan di kelas-kelas TPB lainnya, mengingat pentingnya kemampuan Public Speaking. Workshop ini sangat menyenangkan dan membuat deg-degan karena ini merupakan pengalaman pertama saya melakukan public speaking dan dinilai oleh para ahli-ahlinya.”
(Hery W., dan Imam Suwandi/Humas Fisip Unpad)

Public Speaking Class by “Eneng Tresnawaty, S.Pd., M.Si. pada kelas KBLI / Google Photos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *