Telepon : +6222-7792647
e-mail : adbis@unpad.ac.id

Deskripsi Mata Kuliah

Administrasi Bisnis > Program Studi > Deskripsi Mata Kuliah

G10E.102   PENGANTAR ILMU ADMINISTRASI  BISNIS  (MKK)  3(3-0)

Menjelaskan mengenai Administrasi Bisnis secara umum dan memberikan penjelasan mengenai: Konsep Bisnis dan Lingkungan Bisnis, Bentuk Kepemilikan Bisnis, Ekspansi Bisnis dan Kerjasama Bisnis, Kewirausahaan dan Bisnis Kecil, Bersaing di Pasar Global, Menjalankan Bisnis secara Etis dan Bertanggungjawab, Mengelola dan Mengorganisasikan Organisasi Bisnis, Mengelola SDM dan Motivasi Karyawan, Proses Pemasaran dan Perilaku Konsumen Bisnis, Manajemen Operasi Bisnis, Mengelola Sumber Daya Keuangan.

UNX10.101 PENDIDIKAN AGAMA (MPK)                            2 (0-2)

Pendahuluan, meningkatkan iman, taqwa, hubungan baik manusia dengan sesamanya dan  mahluk sekitarnya, hubungan baik dengan Tuhan Yang Maha Esa.

UNG10.101 DASAR – DASAR ILMU SOSIAL (MKK)           2(2-0)

Mengintrodusikan konsep-konsep dasar sosiologi yang fungsional dalam studi Administrasi Publik dan merujuk abstraksi pada fenomen masyarakat administrasi. Perhatian diacukan pada pengertian manusia sebagai mahluk sosial dan terbentuknya kelompok sosial, pranata sosial, interaksi sosial, kekuasaan dan wewenang, serta sistem sosial. Matakuliah ini juga mengkaji perihal kebudayaan, peradaban, perubahan sosial serta permasalahannya.

UNG10.102 DASAR-DASAR ILMU POLITIK (MKK)             2(2-0)

Membahas secara umum mengenai berbagai pandangan tentang ilmu politik, obyek serta studi ilmu termasuk ruang lingkup politik. Menguraikan pula tentang tujuan dan fungsi negara dan masyarakat/individu dalam politik.

 UNX10.102 BAHASA INGGRIS (MKK)                                                  2(2-0)

Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa perpaduan antara grammar (tata bahasa) lanjutan dan reading comprehension (pemahaman wacana, dengan menekankan pada kemampuan berbicara Speaking ability), melakukan (presentation), dan diskusi (discussion) dalam bahasa Inggris.

UNX10.201 KEWARGANEGARAAN (MPK)        2(2-0)

Mengantarkan mahasiswa mengembangkan kepribadiannya selaku warganegara yang berperan aktif menegakkan demokrasi menuju masyarakat madani dan membantu mahasiswa selaku warga negara agar mampu mewujudkan nilai-nilai dasar perjuangan bangsa Indonesia serta kesadaran berbangsa, benegara dalam  menerapkan ilmunya secara bertanggung jawab terhadap kemanusiaan dengan kompetensi menguasai kemampuan berfikir, bersikap rasional, dan dinamis, berpandangan luas sebagai intelektual yang memiliki; Wawasan kesadaran benegara, untuk bela negara dengan perilaku cinta tanah air; Wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa demi ketahanan nasional; Pola pikir, sikap, yang komperhensif integral pada seluruh aspek kehidupan nasional.

UNX10.202 BAHASA INDONESIA (MPK)            2(2-0)

Materi bahasan meliputi :  Penerapan ejaan yang disempurnakan dan tata bahasa,  Cara-cara pembuatan istilah, Cara-cara pembuatan definisi, Ketetapan pengungkapan ide dalam kalimat efektif, Kesalahan umum dalam kalimat mahasiswa,  Kalimat terlalu panjang,  Kalimat yang belum lengkap, Penggunaan kata secara berlebihan, Kerancuan kalimat, Bentuk-bentuk Alinea, Teknik Pembuatan Karya Ilmiah.

G10F.202   ORGANISASI DAN MANAJEMEN BISNIS (MPK)             3(3-0)

Menjelaskan mengenai Organisasi dan Manajemen  secara umum dan memberikan penjelasan mengenai:Konsep Organisasi Dan Manajemen, Evolusi Teori Organisasi Dan Manajemen, Lingkungan Organisasi , Tanggungjawab Sosial & Etika Pribadi, Efektivitas Organisasi, Manajemen Strategis, Teknologi Organisasi, Struktur & Desain Organisasi, Perilaku & Motivasi Individual, Mengelola Perubahan Organisasi, Mengelola Budaya Organisasi, Praktek-praktek Manajemen Saat ini

G10F.204   PENGANTAR STATISTIKA (MKK)                   2(1-1)

Membahas karakteristik data yang relevan dengan perkembangan ekonomi, mencakup  aspek-aspek yang biasa dikenal dengan istilah statistik deskriptif. Beberapa topik yang dibahas  adalah: pengertian dari metode statistika, data, rata-rata penyebaran, variasi, angka indeks, deret berkala, regersi, dan korelasi

G10F.206   DASAR-DASAR AKUNTANSI  I (MKB)              2(1-1)

Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengetahui, memahami, dan menguasai siklus akuntansi perusahaan, jasa maupun  dagang dan dapat membuat laporan keuangan perusahaan untuk periode tertentu

G10F.301  SOSIOLOGI BISNIS (MKB)                                                 3(3-0)

                   Mata Kuliah ini memberikan  sarana pembelajaran dan wawasan bagi mahasiswa terkait dengan penggunaan perspektif sosiologi dalam kegiatan bisnis (using sociology in bussiness). Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu dan memiliki  kompetensi  dalam menggunakan perspektif Sosiologi dalam Perencanaan, Analisis Bisnis dan mampu merumuskan solusi persoalan bisnis sebagai fenomena sosial.

G10F.302   DASAR-DASAR AKUNTANSI II                        2 (1-1)

Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengetahui, memahami, dan menguasai masalah dalam transaksi keuangan perusahaan berdasarkan klasifikasi rekening yang ada meliputi rekening harta, kewajiban, dan modal.

G10F.303   ADIMINISTRASI PERBANKAN (MKK)               3(3-0)

Membahas lebih dalam berbagai aspek-aspek dalam perbankan, termasuk didalamnya berbagai istilah-istilah perbankan dan kegiatan-kegiatan perbankan dalam suatu usaha, serta kebijakan-kebijakan dari bank sentral yang mempengaruhinya.

G10F.305   STATISTIK BISNIS (MKB)                                 1(1-1)

Membahas berbagai macam konsep/teori maupun metode statistika yang selanjutnya dapat digunakan untuk melakukan penafsiran terhadap berbagai macam data penelitian dan sekaligus mengelabui alat analisis yang dibutuhkan sesuai dengan masalah yang dihadapi. Beberapa topik yang dibahas pengertian peluang, ekspektasi, distirbusi peluang, sampling dan distribusi sampling, penafsiran (pendugaan) paramedis, pengujian hipotesis, analisis regresi dan korelasi beserta pengujiaannya, beberapa uji statistika non parametrik.

G10F.306   ADMINISTRASI PERPAJAKAN (MKB)              3(2-1)

Mata kuliah ini membahas konsep dasar perpajakan, ketentuan umum dan tata cara perpajakan, perhitungan pajak penghasilan pribadi dan badan, PBB, PPN dan PPn BM, serta Bea Materai

G10F.307   BISNIS INTERNASIONAL (MKK)                       2(2-0)

Menjelaskan tentang: Munculnya Bisnis Internasional, Teori Perdagangan Internasional, Perbedaan dalam Politik Ekonomi, Kajian Budaya dalam Bisnis Internasional, Sistem Perdagangan Internasional,  Investasi Luar Negeri Langsung (Foreign Direct Investment), Sistem Moneter Global, Memasuki Pasar Luar Negeri, Pemasaran Global dan Pengembangan Produk, dan Manajemen Sumber Daya Manusia Global

G10F.308   RISET OPERASI BISNIS (MKK)                         3(2-1) 

Mata kuliah ini membahas falsafah, tujuan, serta manfaat dari riset operasi serta hubungannya dengan pengambilan keputusan, serta penerapan berbagai model riset operasi secara kuantitatif.

G10F.309   APLIKASI KOMPUTER BISNIS II (MKB)          1(0-1)

Mata Kuliah ini menjelaskan tentang bagaimana pola pencatatan data kedalam aplikasi / perangkat lunak pengolahan data (MS Access).

G10F.401   MANAJEMEN KEUANGAN BISNIS  (MKB)     3(2-1)

Mata Kuliah ini menjelaskan peranan dan konsep dasar manajemen keuangan, lingkungan bisnis, laporan keuangan, analisis laporan keuangan, analisis sumber dan penggunaan dana, anggaran kas, analisis titik impas, analisis leverage, manajemen modal kerja, manajemen kas, manajemen piutang, manajemen persediaan, dan pendanaan jangka pendek

G10F 402    KEWIRAUSAHAAN (MPB)                                               3 (3-0)

Mempelajari tentang sifat-sifat dari kepribadian wirausahaan, proses kewirausahaan, pengambilan resiko, kreativitas dan ide usaha, perencanaan pemasaran dan organisasi, pembiayaan usaha, mengelola keuangan, mengembangkan usaha dan mengelola implikasi pengembangan usaha, rencana usaha, etika bisnis dan kewirausahaan.

G10F.403   AKUNTANSI BIAYA  (MKB)                             1 (1-1)

Mahasiswa mampu menguasai konsep dan manfaat biaya yang benar, sehingga dapat membedakan dan mampu menerapkan konsep biaya untuk tujuan yang tepat

G10F.404   MANAJEMEN SDM   (MKB)                               3(3-0)

Membahas tantangan MSDM, perubahan organisasional dan perencanaan SDM, penetapan kebijakan dan prosedur, perancangan kerja, analisis jabatan, deskripsi pekerjaan, perencanaan SDM, rekrutmen, seleksi, wawancara, orientasi dan penempatan

 G10F.405 MANAJEMEN PEMASARAN (MKb)                3 (3-0)

Mempelajari bagaimana pemasaran sangat penting berperan kritis dalam kehidupan perusahaan dan masyarakat. Bagaimana malakukan bisnis secara global, konsep-konsep marketing, bagaimana mengadopsi marketing manajemen dalam kegiatan usaha, dan bagaimana mengenal orientasi pasar.

G10F.406   MANAJEMEN OPERASI (MKB)                        3 (3-0)                                     

Mata kuliah ini membahas konsep tentang efisiensi, efektivitas, dan produktivitas, sehingga dapat melihat pentingnya konsep-konsep ini dalam disiplin ilmu Administrasi.

G10F.407   PERILAKU KEORGANISASIAN (MKB)            3(3-0)

Membahas pentingnya studi studi perilaku keorganisasian, model umum perilaku individu dalam organisasi, kepuasan kerja, pengambilan keputusan individual, motivasi, manajemen stress, dinamika tim, komunikasi organisasi, manajemen konflik dan negosiasi, kepemimpinan organisasional, budaya perusahaan, manajemen perubahan dalam organisasi, learning organization,  dan

G10F.501    AKUNTANSI MANAJEMEN (MkB)                                      2(1-1)

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang kebutuhan akan informasi akuntansi manajemen, perbedaan antara akuntansi manajemen dan manajemen keuangan, serta peranan akuntan manajemen dalam suatu organisasi

G10F.502   KEBIJAKAN KEUANGAN BISNIS (MKB)        3(2-1)

Mata kuliah ini menjelaskan tentang aliran kas, nilai waktu dari uang, capital budgeting, biaya modal, teori dan kebijakan struktur modal, sumber modal, sewa guna usaha, dan modal ventura

G10F.503   KEBIJAKAN DAN STRATEGI SDM (MKB)        3 (2-1)

Mata kuliah ini mempelajari tujuan, fungsi dan peran kebijakan sdm dalam suatu perusahaan. Selanjutnya, dijelaskan juga mengenai penerapan beragam strategi SDM terkini pada fungsi-fungsi manajemen SDM, guna mendukung kebijakan perusahaan tersebut.

G10F.504   KEBIJAKAN & STRATEGI PEMASARAN (MKB  3(3-0)

Mempelajari perspektif pembuatan keputusan manajerial mengenai marketing research apa saja faktor penunjang, dan kegunaan dari marketing research. Selain itu mahasiswa akan dilatih mengenal perubahan-perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis, sehingga dapat merencanakan srategi marketing dalam perubahan dunia bisnis

G10F.507   KEBIJAKAN DAN STRATEGI OPERASI (MPB)    3(2-1)

Mata kuliah ini membahas kontek strategi bisnis untuk strategi operasi, integrasi vertikal, teknologi proses, strategi kapasitas, stragei fasilitas dan globalisasi, strategi proses dan disain, dan kordinasi rantai pasokan

G10F.602   KOMUNIKASI BISNIS (MKK)                           2 (1-1)

Menjelaskan tentang latar belakang dan peranan komunikasi dalam dunia bisnis, macam-macam komunikasi, gaya hidup dan penampilan dalam berkomunikasi, unsur-unsur komunikasi, komunikasi dalam pertemuan dan rapat, komunikasi dalam bisnis, keuntungan menjadi motivator komunikasi dunia bisnis, proses komunikasi dalam perusahaan, landasan pemikiran komunikasi bisnis, perencanaan pesan-pesan bisnis, pengorganisasian pesan-pesan bisnis, revisi pesan-pesan bisnis.

G10F.605   MAGANG/KKN (MPB)                                       3(0-3)

Merupakan kegiatan kuliah terjadwal selama 2 (dua) bulan dengan tujuan memberikan pengalaman mengenai prkatek bisnis dalam dunia nyata dan kaitannya dengan ilmu administrasi niaga, meliputi hakekat dan tujuan, arti penting, peraturan dan prosedur, disiplin dan penilaian, pelaksanaan praktek magang di dunia usaha, pembimbingan dan evaluasi magang.

Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengganti mata kuliah Magang dengan KKN yang diselenggarakan oleh Universitas/LPPM

G10F.606   MANAJEMEN MEREK (MKK)                            3(3-0)

Mata kuliah ini merupakan aplikasi teknik pemasaran terhadap produk yang dihasilkan perusahaan. Membahas bagaimana melakukan proses perencanaan sampai dengan pengendalian merek sebuah produk untuk  meningkatkan nilai produk dalam persepsi pelanggan sehingga mampu meningkatkan ekuitas merek setiap produk perusahaan.

G10F.609   SUPPLY AND CHAIN MANAGEMENT (MKK)        3(3-0) 

Mempelajari keseluruhan pengelolaan kegiatan (perencanaan, pengadaan, pengelolaan, penyimpanan, pemindahan, dan pendistribusian), dalam rangka memperoleh bahan mentah menjadi barang setengah jadi dan jadi, kemudian mengirimkannya kepada konsumen melalui system distribusi.

G10F.613   PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM (MKK)  3(3-0)

Mata kuliah ini membahas mengenai berbagai konsep, metode, tahapan proses maupun media pelatihan, dalam upaya menghasilkan pelatih dan pelatihan yang optima yang berdampak pada pengembangan SDM.

G10F.615   ANALISA LAPORAN KEUANGAN BISNIS (MKK)           3 (3-0)

Agar mahasiswa dapat melakukan analisis atas laporan keuangan perusahaan, dengan beranggapan bahwa mahasiswa telah memahami dengan baik berbagai siklus akuntansi keuangan, dipelajari secara seksama lingkup analisis laporan keuangan, informasi manajemen yang terkandung dalam laporan keuangan, laporan itu sendiri, teknik analisis atas laporan keuangan, cara melaporkan pekerjaan analisis serta kemungkinan-kemungkinan penggunaan hasil analisis oleh berbagai pihak tertentu.

G10F.619  BISNIS WARALABA (MKB)                                2(2-0)

Mata kuliah ini membahas pengertian, jenis, aspek-aspek, baik itu dari sudut pandang hukum maupun ekonomi, serta perkembangan bisnis waralaba di indonesia maupun di luar negeri.

G10F.620    BISNIS RITEL (MKB)                                          2(2-0)

Membahas karakteristik bisnis ritel, perbedaan ritel tradisional dan modern, dasar-dasar manajemen ritel, entrepreneurship pada sektor ritel, dimensi akuntansi dan keuangan pada bisnis ritel, lingkungan toko dan persediaan pada perusahaan ritel, merchandising dan system informasi manajemen ritel dan perkembangan bisnis ritel

G10F.621            BISNIS SYARIAH (MKB)                                             2(2-0)

Mata kuliah Bisnis Syari`ah membahas tentang konsep bisnis berdasarkan konsepsi Islam, baik secara teoritis maupun secara aplikatif. Pembahasan dititikberatkan pada karakteristik bisnis syariah dalam bidang hukum, produksi, pemasaran, pengaturan upah dan perburuhan dan keadilan ekonomi. Di bahas pula beberap sistem ekonomi global yang mempengaruhi praktik bisnis sekarang ini.Masalah bunga menjadi kajian yang diangkat dalam mata kuliah ini. Selain itu diambil beberapa contoh kasus penerapan bisnis syariah baik nasional maupun internasional serta kecendrungan bisnis global.

G10F.622   PASAR MODAL (MKB)                                      2 (2-0)

Mata kuliah ini membahas fungsi pasar modal Indonesia, lembaga dan profesi penunjang pasar modal, makna dan proses go public, saham biasa, saham preferen, obligasi, index saham, reksadana, mekanisme pembayaran, corporate action, analisa teknikal dan fundamental, delisting dan go private, serta margin trading,

G10F.702   KEPEMIMPINAN  (MKK)                                    3 (2-1)

Membahas konsep dasar kepemimpinan dalam tinjauan historis, sosiologis, psikologis,dan tinjauan aspek politik,  peranan pemimpin, teori kepemimpinan, Tipe dan gaya kepemimpinan, strategis, visioner, ketermpilan manajerial pemimpin,kepemimpinan transformasional, pemberdayaan. Dibahas pula bagaimana kaitan budaya perusahaan dengan kepemimpinan, kepemimpinan dalam perubahan, motivasi dan kepemimpinan dan beberapa perkembangan konsep kepemimpinan seperti kepemimpinan transaksional, kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan spiritual. Di akhir pertemuan terdapat pembahasan berkaitan dengan kepemimpinan dalam bisnis dewasa ini dilengkapi dengan studi kasus dengan mengambil beberapa profil pemimpin bisnis, baik dalam lingkup nasional maupun internasional.

G10F.703  ETIKA BISNIS                                                     (MPB)     2 (2-0)

Studi tentang etika melibatkan suatu analisis semua yang berkepentingan terutama para individu yang berperan atas suatu hasil atau outcomes (stakeholders analysis). Demikian halnya dengan bisnis. Masalah etika tradisional dan etika modern dalam bisnis, bisnis dan pelanggan, bisnis dan karyawan, bisnis dan masyarakat dan persoalan bisnis internasional merupakan bahasan-bahasan menarik dalam mata ajaran ini, dengan kasus-kasus yang relevan dan actual dalam real business.

G10F.705   RISET PEMASARAN DAN ETNOGRAFI KONSUMEN (MKK)        3(2-1)

Mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami berbagai gejala pasar, perubahan, dan selera konsumen melalui riset baik melalui pendekatan kuantitaif maupun pendekatan insight konsumen yang bersifat kualitatif dan etnografis

 G10F.706  PERILAKU KONSUMEN (MKK)                                        3(3-0)

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana konsumen membuat keputusan pembeliannya, seperti mencari, membeli, menggunakan dan membuang produk ataupun jasa yang dibutuhkannya.

 G10F.707  ISU-ISU PEMASARAN KONTEMPORER (MKB)  3 (3-0)

Membahas isu dan perkembangan terkini   dalam bidang pemasaran

G10F.708   DESAIN DAN PENGEMBANGAN PRODUK (MKK)         3 (3-0)

Mata kuliah ini membahasa factor-faktor yang mempengaruhi perancangan produk dan permasalahannya, kebijakan produk, konsep pasar, analisis kebutuhan dan peluang, proses perencanaan dan karakteristiknya, proses perancangan, penyempurnaan produk, serta pengembangan produk

G10F.709    MANAJEMEN KUALITAS (MKK)                     3(3-0)

Mata kuliah ini membahas konsep Sistem kualitas (quality system) beserta elemen-elemennya; terutama berdasarkan standar kualitas internasional ISO 9000. Mahasiswa memiliki pengetahuan model dasar untuk membangun bagian yang mengorganisir pengendalian / jaminan kualitas (quality control/assurance) dalam perusahaan.

G10F.70     ISU-ISU OPERASI BISNIS KONTEMPORER  (MKB)      3(3-0)

Membahas isu dan perkembangan terkini   dalam bidang operasi bisnis

G10F.711   HUBUNGAN INDUSTRIAL (MPB)                  2(2-0)

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya hubungan industrial sebagai bentuk hubungan industrial secara bipatrit maupun tripatrit dalam proses produksi barang dan jasa yang didasarkan atas falsafah bangsa dan Negara Pancasila.

G10F.714   ANALISIS INVESTASI & PORTOFOLIO (MKK)       3(2-1)

Perkuliahan ini dimulai dengan materi yang membahas tentang pengertian investasi dan proses investasi. Investasi dapat dilakukan baik di real asset maupun financial asset. Kemudian dikaji mengenai teori portofolio serta bagaimana memilih portofolio yang efisien dari berbagai aktiva. Teori Capital Asset Pricing Model menjadi bahasan berikutnya yang disertai dengan penerapannya dalam berinvestasi.

G10F.715   VALUATION ASSETS (MKK)

Mata kulih ini membahas mengenai penilaian terhadap asset-asset perusahaan baik real assets maupun financial assets

G10F.716            ISU-ISU KEUANGAN BISNIS KONTEMPORER (MKB)  3 (3-0)

Membahas isu dan perkembangan terkini dalam bidang keuangan

UNX10.800         SEMINAR USULAN PENELITIAN (MKK)                  1(0-1)

Merupakan kegiatan akademik terjadwal dalam bentuk seminar/ujian oleh tim yang ditunjuk  atas rencana penelitian skripsi yang akan dilakukan oleh mahasiswa

UNX10.801         SKRIPSI (MKK)                                                           5(0-5)

Merupakan kegiatan akademik terjadwal yang dilakukan mahasiswa dalam bentuk kegiatan penelitian lapangan dan penyusunan laporan hasil penelitian lapangan sesuai rencana

penelitian yang telah diuji dan dinyatakan lulus dalam Seminar Usulan Penelitian. Pelaksanaan, penulisan dan penyusunan draft skripsi dibimbing oleh dosen pembimbing yang ditunjuk dan sesuai prosedur yang berlaku pada jurusan. Draft Skripsi yang telah memenuhi syarat dan disetujui oleh Pembimbing diajukan kepada jurusan untuk diujikan dalam Ujian Sidang Skripsi.

BERITA

Public Speaking Class by “Eneng Tresnawaty, S.Pd., M.Si. pada kelas KBLI
Kelas Public Speaking pada Mata Kuliah KBLI Universitas Padjadjaran, melalui program TKB dan HITS, mencoba mendorong upaya pengembangan diri mahasiswa sedini mungkin. Melalui program ini, mahasiswa pada semester satu, disiapkan sebaik mungkinRead More...
Workshop Penyusunan Anggaran Organisasi Kemahasiswaan FISIP Unpad 2017
Workshop Penyusunan Program Kerja Organisasi Kemahasiswaan 2017 FISIP Unpad Pada hari Sabtu-Minggu diadakan Workshop Penyusunan Program Kerja Organisasi Kemahasiswaan 2017 FISIP Unpad. Melalui kegiatan ini diharapkan organisasi-organisasi mahasiswa yang ada di FISIPRead More...
FISIP Unpad MenyelenggarakanWorkshop Penyusunan Program Kerja Organisasi Kemahasiswaan tahun 2017
[6:43 PM, 12/1/2016] Yumna: Pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 26-27 November diselenggarakan Workshop Penyusunan Program Kerja organisasi dan kemahasiswaan 2017 di Unpad Training Center, Dago, Bandung. Melalui kegiatan ini diharapkan organisasi-organisasiRead More...