INFO & PENDAFTARAN

Ketua Program Pasca Sarjana Administrasi Bisnis

NIP: 197711112008011011
e-mail:purnomo@unpad.ac.id

Dr. Margo Purnomo, M.M.

NIP: 197711112008011011
e-mail:purnomo@unpad.ac.id
  • Mahasiswa merupakan faktor penting demi terselenggaranya kegiatan pendidikan pada Program Studi Magister Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unpad.

    Oleh karena itu, proses rekrutmen mahasiswa baru memiliki peran besar dan penting untuk memperoleh calon mahasiswa yang berkualitas dan diharapkan akan menghasilkan lulusan yang berkualitas juga, sehingga memiliki kompetensi dan memiliki keunggulan di bidangnya sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Magister Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unpad.

    1. Seleksi calon mahasiswa Pendidikan Magister dilakukan melalui mekanisme   Seleksi   Mahasiswa  Universitas Padjadjaran (SMUP).

    2. Komponen Seleksi terdiri dari:

    • Persyaratan administrasi;
    • Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI);
    • Tes Kemampuan Akademik (TKA);
    • Karya tulis ilmiah;
    • Wawancara.

    3. Persyaratan administrasi terdiri dari:

    Dalam pelaksanaannya Program Studi Magister Administrasi Bisnis atau Program Pascasarjana FISIP UNPAD memberlakukan persyaratan sebagai berikut:

    1. Sarjana berbagai bidang ilmu (multi entry).
    2. Warga Negara Indonesia, atau Warga Negara Asing yang mendapat persetujuan Dirjen Dikti.
    3. Pas foto terbaru berwarna ukuran 3×4 cm (upload pada saat mendaftar online).
    4. Memiliki ijazah S1 (Foto kopi ijazah yang telah dilegalkan dibawa ketika ujian wawancara)
    5. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) calon mahasiswa (Transkrip akademik yang telah dilegalkan wajib dibawa ketika ujian wawancara). IPK S1 minimum 2,75 untuk pendaftar Program Magister.
    6. Lulus seleksi masuk, Tes Kemampuan Akademik (TKA) dari BPIP Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran dengan skor minimal 475 dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) setara dengan Test of English as Foreign Language (TOEFL) dengan skor minimal 475. Saat lulus harus sudah 500.
    7. Mengunggah Ringkasan Proposal Usulan Penelitian untuk Tesis ketika mendaftar online. Ringkasan Usulan Peneltian memuat judul, latar belakang, permasalahan yang akan dipecahkan, tujuan dan metode penelitian dalam ringkasan yang tidak lebih dari 350 kata.
    8. Menyerahkan proposal lengkap sebanyak 2 (dua) eksemplar ketika ujian wawancara
    9. Disarankan memiliki Surat Rekomendasi dari 1 orang (Profesor atau Lektor Kepala dengan gelar minimum Doktor sesuai bidang ilmunya atau atasan tempat Peserta bekerja) Surat rekomendasi dibawa ketika ujian wawancara.
    10. Peserta seleksi mengisi form pembayaran pendaftaran SMUP di Bank yang ditunjuk oleh Universitas Padjadjaran.
    11. 1 Fotokopi Ijazah dan Transkrip Akademik S-1 yang telah dilegalkan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi asal. Bagi Ijazah luar negeri harus sudah memperoleh penyesuaian dari Dirjen Dikti.
    12. 1 Surat kesanggupan di atas materai untuk membayar biaya pendidikan dan biaya hidup selama pendidikan.
    13. 1 Surat Keterangan sehat dari Dokter atau Rumah Sakit Pemerintah.
    14. 1 Pas foto berwarna terbaru ukuran dua lembar ukuran 4 x 6 cm.
    15. 1 Keputusan penerimaan didasarkan syarat-syarat yang ditentukan (kelengkapan administrasi dan seleksi akademik) dan hasil rapat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran.
    16. 1 Bagi pelamar yang mengajukan beasiswa BPPS, diwajibkan melengkapi persyaratan dengan ketentuan sebagai berikut :
    17. Diberikan kepada dosen PTN/PTS (Dosen PNS diperbantukan, Dosen Tetap Yayasan yang telah mempunyai NIP Yayasan serta telah memenuhi angka kredit jabatan akademik dosen min. Asisten Ahli 100)
    18. Formulir lamaran BPPS bagi pelamar dosen PTS harus diketahui/ disetujui oleh kopertis setempat
    19. Diberikan kepada mahasiswa program reguler dengan batas usia pada waktu mendaftar maksimal 35 tahun.
    20. Pengumuman penerima BPPS, sesuai surat dari DIKTI
    21. Untuk pelamar dosen, diwajibkan untuk melampirkan SK Pengangkatan sebagai Dosen PTN/ PTS. Khusus untuk dosen PTS diketahui/disetujui oleh kopertis setempat

    4. Seleksi administrasi dilaksanakan oleh Panitia SMUP, sedangkan seleksi wawancara difasilitasi oleh Fakultas/Sekolah Pascasarjana   masing- masing dan berkoordinasi dengan Panitia  SMUP.

    5. Prosedur Penerimaan Mahasiswa Baru

    Penerimaan mahasiswa baru Program Studi Magister Administrasi Bisnis dilakukan dengan prosedur yang sudah tetapkan oleh Universitas Padjadjaran, yaitu melalui sistem Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) yang terintegrasi online, sistem ini juga berlaku untuk penerimaaan mahasiswa baru jenjang Profesi, Magister (S2), Doktor (S3) dan Spesialis (Sp-1), prosedur penerimaan mahasiswa baru terdiri dari beberapa tahapan diantaranya adalah:

    1. Calon mahasiswa harus membaca dengan teliti semua informasi di laman http://smup.unpad.ac.id
    2. Membuat Account (Sign-Up) melalui laman http://pendaftaran.unpad.ac.id dengan data sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    3. Mengisi data identitas diri dan mengunggah file, seperti pas foto, ktp, ijazah asli program S1, Transkrip asli program S1, Sertifikat asli TKA dari BPIP Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, TPA Bappenas atau dari instansi Pemerintah lainnya, Sertifikat asli nilai kemampuan Bahasa Inggris (TKBI, ELT, TOEF ITP, TOEFL IBT, IELTS).
    4. Peserta wajib mendaftar dan mengikuti Test Kemampuan Akademik (TKA) dan Test Kemampuan bahasa Ingris (TKBI), bagi peserta yang belum memiliki sertifikat TKA dan TKBI/Toefl IBT/Toefl ELT/IELTS.
    5. Calon peserta yang memiliki sertifikat ELT Pusat Bahasa FIB Unpad atau sertifikat kemampuan Bahasa Inggris berstandar Internasional (TOEFL ITP, TOEFL IBT, IELTS) yang masih berlaku tidak diwajibkan mengikuti TKBI. Calon peserta mengunggah sertifikat ELT, TOEFL ITP, TOEFL IBT, IELTS melalui laman pendaftaran.unpad.ac.id
    6. Peserta yang teelah mendaftar TKA/TKBI akan memperoleh nomor tagihan kemudian peserta melakukan pembayaran di Bank Mandiri dengan membawa nomor tagihan. Setelah memayar peserta akan mendapatkan kartu peserta TKA/TKBI.
    7. Peserta melaksanakan ujian TKA/TKBI, sesuai dengan jadwal yang telah dipilih pada saat pendaftaran online.
    8. Apabila peserta telah lulus ujian TKA/TKBI, maka secara otomatis nilai akan keluar pada akun peserta masing-masing secara online.
    9. Peserta harus login kembali ke laman: http://pendaftaran.unpad.ac.id kemudian nomor tagihan biaya seleksi akan diperoleh setelah nilai TKA dan TKBI terpenuhi.
    10. Peserta melakukan pembayaran tagihan SMUP di Bank Mandiri dengan membawa nomor tagihan yang telah diunduh sebelumnya pada Akun SMUP masing-masing peserta.
    11. Setelah melakukan pembayaran, kemudian peserta login kembali di Akun SMUP dan mengisi data calon mahasiswa seperti: identitas diri, data asal perguruan tinggi S-1, data instansi tempat bekerja (bagi yang sudah bekerja), minat pilihan, mengupload proposal penelitian, dan mengupload foto serta KTP.
    12. Peserta melakukan wawancara sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.
    13. Pengumuman Online yang diumumkan pada akun masing-masing peserta pada jadwal yang sudah ditetapkan.
    14. Mahasiswa baru yang sudah dinyatakan lulus melakukan Registrasi online.
    15. Pengisian biodata online hanya diizinkan SATU KALI saja, dan tidak diberikan fasilitas untuk melakukan perubahan/perbaikan (EDIT) isian biodata terhadap data yang sudah diisikan secara online.
    16. Setelah pengisian biodata online, calon peserta diharuskan untuk:
      1. Mencetak Biodata dan pernyataan menggunakan kertas ukuran A4.
      2. Melengkapi isian biodata dan surat pernyataan dengan materai 6000.
      3. Mencetak Kartu peserta ujian
    17. Kemudian malakukan daftar ulang dikampus Unpad Jatinangor ketika peserta telah dinyatakan telah LULUS.
    18. Setelah itu mahasiswa baru menerima Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dengan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM).

    6. Sistem Pengambilan Keputusan Penerimaan Mahasiswa Baru

    Sistem pengambilan keputusan penerimaan mahasiswa baru pada tingkat pascasarjana harus menempuh tes kemampuan dasar berupa TKBI (yang diperiksa khusus pemeriksa hasil ujian dari Fakultas Ilmu Budaya) dan TKA (yang diperiksa khusus oleh tim dari Fakultas Psikologi) dan Wawancara yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Administrasi Bisnis.

    Penentuan hasil ujian dari seleksi kelengkapan administrasi dan nilai hasil ujian tertulis dilaksanakan oleh pimpinan Universitas dan pimpinan Fakultas pada rapat penentuan passing grade masing-masing Fakultas. Pengumuman hasil ujian dilakukan melalui website: http://pengumuman.unpad.ac.id pada waktu yang sudah ditentukan dalam kalender akademik Universitas Padjadjaran.

    Keputusan penerimaan didasarkan pada syarat-syarat yang ditentukan yaitu berupa kelengkapan administrasi dan hasil seleksi akademik berdasarkan hasil rapat panitia penerimaan mahasiswa baru yang terdiri dari pimpinan Fakultas dan Universitas. Kalsifikasi penilaian berdasarkan dari Proposal Tesis yang diberikan oleh calon mahasiswa baru yaitu sistematika proposal, kesesuaian dengan lima bidang riset unggulan Unpad (pangan, lingkungan hidup, kesehatan, energi, kebijakan, budaya dan informasi), aktualitas tema/latar elakang, kekuatan kerangka pemikiran, ketajakaman hipotesis/ perumusan masalah/foskus penelitian, ketepatan metode penelitian dengan waktu studi, orisinalitas penelitian, dan sumbangan terhadap IPTEKS.

    7. Kebijakan Rekrutmen Calon Mahasiswa Baru

    Kebijakan rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa Program Magister Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran ditangani langsung oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) yaitu melalui mekanisme Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP), berdasarkan Peraturan Rektor No. 50 Tahun 2016 tentang Pedoman Pendidikan Magister dan Doktor di Lingkungan Universitas Padjadjaran, yang mana Proses seleksi terdiri dari seleksi administrasi dan ujian wawancara. Seleksi calon mahasiswa baru mempertimbangkan beberapa aspek, antara lain mencakup: mutu prestasi dan reputasi akademik serta bakat calon mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, equitas wilayah, dan kemampuan ekonomi. Semua mahasiswa yang mendaftar masuk melalui SMUP dan mengenai kebijakan serta seleksinya dilakukan oleh UPT SMUP Unpad.

  • Mahasiswa Pendidikan Sarjana atau Sarjana Terapan dari Program Fast Track, yang memenuhi ketentuan Peraturan Rektor  Nomor  25  Tahun 2016  tentang Penyelenggaraan Program Fast Track pada Jenjang Pendidikan Sarjana dan Sarjana Terapan di Lingkungan Universitas Padjadjaran, memenuhi  persyaratan administrasi  sebagai berikut:

    1. Sedang menyusun tugas akhir (skripsi atau artikel ilmiah pada jurnal internasional bereputasi yang telah diterima (accepted)) dan telah menyelesaikan seluruh mata kuliah Pendidikan Sarjana dan Sarjana Terapan dengan IPK minimum 3,51.
    2. Mempunyai nilai International  TOEFL  (Paper-Based Test) paling sedikit 550, atau International TOEFL (Internet-Based  Test) paling sedikit  60, atau International English Language Testing System (IELTS) Academic paling  sedikit  6,0 atau Tes  Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) paling sedikit 550 yang diselenggarakan oleh  lembaga penyelenggara tes  yang diakui Unpad, yang dibuktikan dengan sertifikat hasil tes yang masih berlaku, yaitu paling lama 2 (dua) tahun dari  tanggal  dikeluarkannya sertifikat  dari institusi yang diakui.
    3. Mempunyai nilai Tes  Kemampuan  Akademik  (TKA) paling sedikit 500 yang dibuktikan dengan sertifikat hasil tes  yang diselenggarakan oleh  lembaga penyelenggara tes yang diakui Unpad, yang masih berlaku yakni paling lama 2 (dua) tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat.
    4. Mendapatkan pengakuan (waiver) ataupun konversi pada beberapa mata kuliah yang sama atau dianggap sama dari Pendidikan Magister atau Magister Terapan yang diambil sebidang (linear) dengan Pendidikan  Sarjana atau Sarjana Terapan mahasiswa yang bersangkutan.
    5. Mahasiswa Pendidikan Magister atau Magister Terapan dapat mengambil Program Fast Track ke jenjang berikutnya (Pendidikan Doktor) yang diatur dalam Peraturan Rektor Nomor 26 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Program Fast Track pada Jenjang Pendidikan Magister atau Magister Terapan atau Spesialis ke Jenjang Doktor atau Doktor Terapan di Lingkungan Universitas Padjadjaran.
    1. Bagi calon mahasiswa Pendidikan Magister yang sudah diterima dan mengajukan beasiswa, menghubungi lembaga penyelenggara beasiswa dengan membawa Surat Keterangan Diterima di Unpad. Semua prosedur harus sesuai dengan lembaga penyelenggara  beasiswa.
    2. Calon mahasiswa Pendidikan Magister dapat mengajukan Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia Dalam Negeri (BUDI-DN), Beasiswa Unggulan (BU), dan beasiswa lainnya melalui Direktorat Pendidikan dan Kemahasiswaan  Unpad.
    3. Bagi calon mahasiswa Pendidikan Magister utusan instansi yang bekerjasama dengan Unpad harus melalui prosedur sesuai dengan MoU dan/atau PKS yang telah disepakati bersama.
    1. Mahasiswa baru yang sudah diterima pada Pendidikan Magister wajib mendaftarkan diri (registrasi) dan mahasiswa lama wajib melakukan pendaftaran ulang (herregistrasi) pada setiap semester.
    2. Pada setiap awal semester mahasiswa harus mengisi Kartu Rencana Studi (KRS ) online dalam Sistem Informasi Administrasi Terpadu (SIAT) yang disetujui Dosen Wali dan diketahui oleh Pimpinan  Pendidikan Magister.
    3. Mahasiswa tidak akan mendapat layanan akademik apapun termasuk pengisian KRS selama tidak registrasi/herregistrasi dan tidak  mengisi KRS pada semester yang berjalan.
    4. Mahasiswa diperbolehkan melakukan  Perubahan  KRS (PKRS) dalam waktu yang sudah ditentukan.
    5. Jika selama 2 (dua) semester berturut-turut tidak melak ukan herregistrasi, maka mahasiswa yang bersangkutan tidak lagi terdaftar sebagai mahasiswa Unpad.
    6. Penghentian studi untuk sementara (cuti akademik) atas izin Dekan Fakultas/Sekolah Pascasarjana hanya diperkenankan paling lama 2 (dua) semester dan tidak boleh berturut-turut. Waktu cuti tersebut tidak diperhitungkan dalam waktu tempuh studi.
    7. Mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia Dalam Negeri (BUDI-DN), Beasiswa Unggulan (BU), dan beasiswa lainnya, tidak diperkenankan cuti akademik, kecuali bagi yang menderita sakit lama yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter ahli.
    8. Mahasiswa tidak diperkenankan cuti akademik pada semester awal (semester I) dan semester IV sebelum masa akhir studi.
    9. Sebelum herregistrasi semester VI (enam) dan semesterberikutnya Prodi Magister mengeluarkan  surat peringatan kepada mahasiswa bersangkutan yang diketahui Ketua Pembimbing.
    10. Mahasiswa yang herregistrasi pada semester VII (tujuh) dan seterusnya  dikenakan  tarif  progresif sebesar 5% (lima persen) dari tarif pada semester sebelumnya sampai batas waktu studi berakhir.
    1. Beban Studi dan Lama Pendidikan
      • Beban studi kumulatif Pendidikan Magister berjumlah antara 36-46 sks, terdiri dari sejumlah  mata kuliah (28-38 sks), Seminar Usulan Riset (2 sks) dan Te sis (6 sks);
      • Waktu studi Pendidikan Magister dijadwalkan untuk 4 (empat) semester. Dalam pelaksanaannya dapat ditempuh paling lama  8  (delapan) semester  atau  4 (empat) tahun.
      • Kualifikasi Dosen Mata Kuliah
    2. Dosen pengampu dan pengajar mata kuliah berkualifika si akademik lulusan Pendidikan Doktor atau Doktor Terapan yang relevan dengan Pendidikan Magister atau dosen bersertifikat profesi yang relevan dengan Pendidikan Magister dan berkualifikasi setara dengan jenjang 9 (sembilan) KKNI.
    3. Pembelajaran dapat dilakukan oleh tim dosen yang berjumlah sebanyak-banyaknya 2 (dua) orang   yang diatur oleh Pendidikan  Magister.
    4. Waktu perkuliahan dilakukan pada hari kerja yaitu Senin-Jumat.  Hari Sabtu dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan masing- masing.
    5. Kegiatan Perkuliahan
      1. Bagi mahasiswa baru yang tidak sebidang atau tidak satu jenjang pendidikan, Prodi Magister merekomendasikan kepada mahasiswa di awal perkuliahan (semester I) untuk  mengambil paling. banyak berjumlah 12 sks dari beberapa mata kuliah tertentu  pada Pendidikan Sarjana  atau   Sarjana Terapan, dengan tujuan penyetaraan  pengetahuan yang relevan dengan rencana riset tesis;
      2. Pengambilan beberapa mata  kuliah  tersebut (pada butir  a) dilakukan terintegrasi pada  Pendidikan Sarjana bidang yang sama atau lintas Prodi/Fakultas di tingkat Sarjana atau melalui e-learning yang ada di Universitas/Fakultas/Sekolah Pascasarjana;
      3. Dengan mempertimbangkan kondisi tertentu yang dihadapi (lokasi yang terpisah), pelaksanaan perkuliahan (pada butir b) dapat juga dilakukan tersendiri Pendidikan Magister  yang bersangkutan;
      4. Mata kuliah pada  kurikulum  Pendidikan  Magister disajikan   pada   semester   gasal  (semester   I)   dan semester  genap  (semester  II)  yang  masing- masing berkisar 14-19 sks, sedangkan pada semester III (tiga) hanya terdapat Seminar Usulan Riset (2 sks) dan Tesis (6 sks);
      5. Kontrak mata kuliah  tidak  dapat  dibatalkan  oleh mahasiswa, kecuali melakukan Perubahan KRS (PKRS) atas saran dosen wali/konselor pada waktu yang sudah ditetapkan.
      6. Metode  Pembelajaran  menggunakan Interactive Teaching  dan  Student  Centered  Learning,   Research Based Learning, Project Based Learning, dan lainnya.
      7. Penilaian  mata   kuliah   dan   evaluasi   pembelajaran dilakukan  sebagai berikut:
    6. Prestasi akademik  dinyatakan  dalam  bentuk   IPS (Indeks Prestasi Semester) dan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). Perhitungan IPS dan IPK dilakukan setiap akhir semester;
    7. Penilaian product based menggunakan rubrik, sesuai dengan metode pembelajaran yang digunakan;
      • Nilai Akhir (NA)  setiap   mata  kuliah   merupakan gabungan dari Ujian Tengah Semester ( UTS ), Ujian Akhir Semester (UAS), dan semua tugas yang diberikan selama semester berlangsung, sesuai bobot masing- masing;
      • NA ini diberikan dalam bentuk Huruf Mutu  (HM) berdasarkan skor mentah (raw score) yang menggunakan  kisaran 0-100;
      • Konversi skor menta h ke dalam HM dan Angka Mutu (AM) berpedoman sebagai berikut:

    Nilai Akhir

    Huruf Mutu

    Angka Mutu

    80 ≤ NA ≤ 100

    A

    4

    68 ≤ NA < 80

    B

    3

    56 ≤ NA < 68

    C

    2

    45 ≤ NA < 56

    D

    1

    NA < 45

    E

    0

    Perolehan nilai IPK 
    di bawah 3,00
    pada semester I (satu)
    dan semester II (dua)
    akan berakibat
    mahasiswa terkena sanksi
    pemutusan studi.
    Ujian remedial
    dapat dilakukan s
    ebelum berakhirnya  
    masa  pengumpulan nilai
    berakhir.

Kontak :

Program Studi Magister Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Padjadjaran

_________________________________________

JL. Bukit Dago Utara no. 25 Bandung 40135