SEJARAH MAGISTER ADMINISTRASI BISNIS

Ketua Program Pasca Sarjana Administrasi Bisnis

NIP: 197711112008011011
e-mail:purnomo@unpad.ac.id

Dr. Margo Purnomo, M.M.

NIP: 197711112008011011
e-mail:purnomo@unpad.ac.id
  • Magister Administrasi Bisnis merupakan konsentrasi studi jenjang S-2 dari Program Studi Ilmu Sosial dan Ilmu politik (FISIP), Universitas Padjadjaran (UNPAD). Berdiri pada tahun 2009 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1500/D/T/2009  bernaung di bawah Program Magister UNPAD.

    Sejalan dengan SK Rektor Nomor 438/H6/1/KEP/HK/2009 tentang Integrasi Pengelolaan Pendidikan Magister dari Program Magister ke Fakultas di Lingkungan Universitas Padjadjaran, Program Studi Magister Administrasi Bisnis dialihkan pengelolaannya ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada bulan Februari 2009.

    Perkembangan pengalihan pengelolaan program Magister Administrasi Bisnis ke fakultas selanjutnya berdasarkan pada Peraturan Rektor Nomor 11 Tahun 2014 tentang Perubahan SK Rektor Nomor 438/H6/1/KEP/HK/2009 tentang Integrasi Pengelolaan Pendidikan Magister dari Program Magister ke Fakultas di Lingkungan Universitas Padjadjaran.

    Perkembangan terakhir pengelolaan Program Studi Magister Administrasi Bisnis di FISIP memperhatikan juga Peraturan Rektor No. 50 Tahun 2016 tentang Pedoman Pendidikan Magister dan Doktor di Lingkungan Universitas Padjadjaran.

    Oleh karena itu, Program Studi Magister Administrasi Bisnis ke FISIP melakukan berbagai penyesuaian termasuk antara lain dengan melakukan pembaharuan terhadap Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi Magister Administrasi Bisnis.

    Visi, Misi, Tujuan dan sasaran bagi Program Studi Magister Administrasi Bisnis  merupakan turunan dari visi, misi tujuan dan sasaran Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta visi Universitas yang telah disetujui oleh Senat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
     
    Visi Universitas yakni “Menjadi Universitas Riset dan Berdaya Saing Internasional Tahun 2024”. Selanjutnya, visi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, yakni “Menjadi Fakultas Riset dan Berdaya Saing Internasional Tahun 2024”.
     
    Berdasarkan Visi Universitas dan Fakultas tersebut, Program Studi Magister Administrasi Bisnis melakukan penyesuaian pada visi, misi, tujuan dan sasaran yang dirancang agar dapat lebih aplikatif dan adaptif terhadap perubahan sebagai upaya meningkatkan kualitas.
     
    Selain itu juga, Visi, misi, tujuan dan sasaran bagi Program Studi Magister Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran merupakan peta bagi pengelola dalam menjalankan aktivitas untuk mencapai tujuan agar mendapatkan hasil yang sempurna.
     
    Sasarannya secara berkala sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dalam menjalani aktivitas, pada prosesnya akan selalu berpijak pada visi, misi, tujuan dan sasaran yang sudah ada sebelumnya yang merupakan baseline dalam pelaksanaan serta selalu menyesuaikan dengan statute dan Renstra Unpad dan FISIP.
     
    Selain merujuk pada Statuta dan Renstra Unpad dan FISIP, penyusunan visi, misi dan sasaran Program Studi Magister Administrasi Bisnis memperoleh masukan dari seluruh sivitas akademika Program Studi Magister Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran tentang kondisi dan perkembangan yang terjadi dari segi ilmu, manajemen pendidikan maupun perkembangan dunia kerja di bidang bisnis.

Kontak :

Program Studi Magister Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Padjadjaran

_________________________________________

JL. Bukit Dago Utara no. 25 Bandung 40135